Senin, 05 November 2012

Catatan Pendakian Gunung Merbabu

Pendakian Gunung Merbabu 3142 mdpl

 
Pendakian Gunung Merbabu, 27 Agustus 2012.

          Pendakian ini merupakan pendakian pertama saya bersama 2 orang teman saya yang pertama kali ke Gunung Merbabu. Pendakian Gunung Merbabu ini  kami melalui jalur Wekas yang terletak di jalan utama menuju Kota Salatiga.

Jalur Wekas
Foto : httppics.rizahnst.orgvmerbabu-juli-200900043.jpg.html
           Untuk menggunakan jalur wekas setelah turun dari kendaraan Umum kita masuh perlu berjalan melalui 2 desa untuk sampai di Pos Pendakian, yaitu di desa Kedakan. Kondisi jalan dari turun kendaraan cukup menanjak dan juga cukup menguras Tenaga.

Pos Pendakin Jalur Wekas

         Sertelah sampai di POS Pendakian kita dapat beristirahat, makan, maupun menitipkan Kendaraan Bermotor dan juga barang yang tidak akan di gunakan saaat pendakian. Pos Pendakian ini  biasa di gunakan sebagai tempat beristirahat para pendaki, dan untuk souvenir juga terdapat di Pos pendakian ini, dengan harga yang cukup terjangkau.
               Untuk pendakian tidak ada batasan waktu untuk setiap pendakian. Untuk biaya 1 orang di kenai biaya Rp. 7.000-, biaya ini sudah termasuk biaya masuk dan juga asuransi. Untuk Souvenir kami membeli baju T-Shirt dengan harga Rp. 50.000,-
                 Pendakian kami kami lakukan pukul 10 malam. Jalur pendakian pada dasarnya sangat jelas terlihat namun bila malam hari jalur pendakian cukup Samar-samar bagi yang pertama kali mendaki ke Gunung Merbabu ini seperti kami. kami saja cukup kebingungan untuk menemui jalut yang benar, karena jalur cukup bercabang dan ada beberapa jalan buntu.
                Sumber air untuk para pendaki hanya terdapat di Pos 2. Pos 2 berupa dataran lapang yang cukup luas, sumber air terdapat  tepat pada jalur pendakian di pos 2. 

Gambar : http://indiraatmayana.blogspot.com/2012/05/informasi-pendakian-gunung-merbabu.html

                Jalur pandakian jalur ini relatif rata, alias rata-rata MENANJAK!! (Hehehe..). di Pos 2 para pendaki biasanya medirikan tenda untuk menyimpan barang yang tidak akan di bawa ke puncak. Namun perlu diperhatikan di pos 2 banyak monyet ekor panjang berkeliaran, sehingga tenda harus terkunci dngan benar dan juga patok tenda harus kuat, karena anginnya sangat dasyat. Pengalaman saya, patok tenda saya yang telah di patok dengan benar namun karena mendirikan tenda di lapang tebuka, atap teenda saya terbuka saat kembali ke tenda. 

Jalur Pendakian dari Pos 2
                Dari Pos 2 perjalanan hanya sekitar 4-5 jam perjalanan. Namun daripos 2 kita ambil ke arah kiri,kearah hutan, bukan ke kanan ke arah yang terbuka. Setelah melewati pos 2 pemandangan sangatlah indah, kita di sambut dengan Edelweis dan juga pemandangan indah saat berjalan antara 2 lembahan.

Pemandangan dari Pos 2
Jalur penuju Puncak dari pertigaan Wekas, Thekelan
              Saran dari saya bila akan melakukan pendakian ke Puncak Kenteng Songo (Puncak gunung Merbabu), lakukan pada pagi atau pun dini hari, karena pemandangan akan jauh lebih Indah. Pendakian pada siang dan sore hari bila tidak berniat bermalam dipuncak akan sangat di sayangkan. Saya melakukan pendakian pada siang hari, sampai di puncak sore hari dan kami tidak dapat melihat pemandangan sekitar karena kabut sudah turun dan juga angin yagn cukup kencang.
                Pada sore hari jalur puncak hingga pertigaan jalur Wekas dan Thekelan bila turun kabut jarak pandang hanya sekitar 5 m saja, itu yang saya rasakan saat turun dari pincak pada pukul 15.00.

Selamat Mendaki


Puncak Kenteng Songo

Tim Pendaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar